Kamis, 30 Maret 2017

RPP die Familie


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran          : Bahasa Jerman
Kelas/Semester           : XI/Ganjil
Materi Pokok/Tema   : Keluarga (Familie)
Sub Tema                    : Familiestambaum
Alokasi Waktu                        : 2 x 2 Jp
Pertemuan                  : 1      
                              
A.       Kompetensi Inti
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural  dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
3.2  Memahami cara  memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap, serta meminta dan menawarkan barang dan jasa terkait topik kehidupan keluarga (die Familie) dengan memperhatikan unsur kebahasaan ,struktur teks dan unsur  budaya  yang sesuai  konteks penggunaannya.
4.2  Menyusun teks lisan dan tulis sederhana tentang cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap, serta meminta dan menawarkan barang dan jasa terkait topik kehidupan keluarga (die Familie) dengan memperhatikan unsur kebahasaan,  struktur teks dan budaya secara benar dan sesuai konteks.

C.     Indikator
3.2.1.1              Mengetahui nama-nama anggota keluarga dalam bahasa Jerman
3.2.1.2               
3.2.2.1  Menggunakan Fragewort untuk menanyakan anggota keluarga.
3.2.2.2  Penggugunaan Possesive Pronnomen dalam bertanya.
3.2.3.1  Mengetahui perbedaan keluarga di Jerman dan Indonesia.
3.2.3.2  Membandingkan kehidupan keluarga di Jerman dan Indonesia.
4.2.1.1  Menggunakan  Possesive Pronnomen dalam memberitahukan tentang kehidupan
keluarga.
4.2.1.2

D.     Tujuan Pembelajaran
3.2.1        Setelah  mempelajari materi Familie, peserta didik diharapkan dapat menyebutkan
anggota keluarga dalam bahasa Jerman susuai konteks.
3.2.2        Setelah mempelajari materi Familie, peserta didik dapat menanyakan anggota keluarga dari temannya dengan benar.
3.2.3        Setelah mempelajari materi Familie, peserta didik diharapkan mampu membedakan kehidupan di Jerman dan Indonesia dengan benar.
4.2.2        Setelah mempelajari materi Familie, peserta didik dapat menyusun teks tulis sederhana untuk memberitahukan tentang kehidupan keluarganya dengan benar.
4.2.3        Setelah mempelajari materi Familie, peserta didik dapat menanyakan informasi yang belum diketahui terkait topik Familie dengan benar.

E.       Materi Pelajaran
Cara  memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap, serta meminta dan menawarkan barang dan jasa terkait
Topik        : kehidupan keluarga (die Familie)
Subtema    : pohon kehidupan keluarga (der Familiebaum)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan ,struktur teks dan unsur  budaya  yang sesuai  konteks penggunaannya:
·         Wortschatz : Nomen, Verben, Adjektiv, Adverb,
·         Redemittel :
Ø  Mengetahui nama – nama keluarga dalam bahasa Jerman
o   der Vater                      ○  der Groβvater          ○   die Tante
o   die Mutter                    ○  die Groβmutter        ○  der Cousin
o   der Sohn                      ○  die Schwester          ○  die Cousinen, usw
o   die Tochter                   ○  der Ongkel
Ø  Menanyakan dan menjawab tentang keluarga
·         Wie heiβt der Vater ? er heiβt Rudi A.
·         Wo arbeitet er ? er arbeitet ins Büro usw

F.        Metode Pembelajaran
·         Metode Saintifik
·         Diskusi Kelompok
·         Tanya jawab
·         Presentasi
·         Simulasi
·         Demonstrasi

G.      Media/Sumber Belajar
a)      Media :
·         Lembaran tugas
·         Slide/Gambar
b)      Sumber Belajar;
·         Kontakte Deutsch
·         Tipp und Trick pembelajaran  Bahasa Jerman
·         Grüβ Dich


H.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan

Langkah-Langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pertemuan pertama

Kegiatan Awal

10 menit

-        Pendidik mengingatkan kembali tentang materi yang pernah dipelajari.
-        Pendidik menawali materi Familie dengan pertanyaan yang ditujukan kepada peserta didik.
-        Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok sesuai jumlahnya.



Kegiatan Inti


70 menit
Mengamati


















































Pendidik
Peserta Didik
-        Menampilkan gambar beserta teks yang berkaitan dengan Familie.
-        Menjelaskan secara garis besar mengenai Familie.
-        Memperhatikan gambar dan teks yang ditampilkan oleh pendidik.
-        Memperhatikan penjelasan dari pendidik.
Menanya
Pendidik
Peserta Didik
-        Meminta peserta didik untuk bertanya.
-        Bertanya kepada peserta didik tentang bagian dari Familie yang belum disebutkan dalam teks.
-        Menanyakan kosakata yang belum dimengerti.
-        Menyebutkan dalam bahasa Indonesia bagian Familie yang belum disebutkan dalam teks.
Mengeksplorasi
Pendidik
Peserta Didik
-        Memberikan dua gambar berbeda setiap kelompok untuk membandingkannya.
-        Membimbing peserta didik untuk menuliskan hasil pengamatannya sesuai gambar.
-        Membandingkan dua gambar  yang diberikan.
-        Menuliskan hasil pengamatan susuai gambar melalui bimbingan dari pendidik.
Mengasosiasi
Pendidik
Peserta didik
-        Mengarahkan peserta didik untuk melakukan wawancara dengan teman sekelompoknya.
-        Membimbing peserta didik dalam menuliskan hasil wawancaranya..
-        Melakukan wawancara dengan teman kelompoknya sesuai arahan dari pendidik.
-        Menuliskan hasil wawancara.
Mengomunikasikan
Pendidik
Peserta Didik
-        Mengarahkan peserta didik per kelompok untuk membacakan hasil tulisan dari wawancara yang dilakukan dalam kelompoknya.
-        Membacakan hasil tulisan dari wawancara sesuai arahan dari pendidik.


Kegiatan Akhir


10 menit
-        Melalui arahan pendidik, peserta didik menyampaikan kembali informasi yang disimak.
-        Sebelum pelajaran berakhir, peserta didik diberikan motivasi belajar.
-        Pendidik memberikan tugas.



I.                   PENILAIAN

A.     Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
                                                      Lembar Observasi
Sikap Spiritual dan Sikap Sosial

No.
Sikap/ nilai
SB
B
C
K
1
Terbiasa menyatakan rasa syukur atas kesempatan mempelajari bahasa Jerman.




2
Terbiasa menggambarkan perilaku jujur dan percaya diri dalam lingkungan sekolah maupun masyarakat.




3
Terbiasa menggambarkan perilaku semangat dalam mengerjakan tugas dan ulangan.




4
Terbiasa menggambarkan perilaku sopan santun dalam menghadapi masalah di lingkungan sekolah.




5
Terbiasa menggambarkan rasa percaya diri saat berpendapat dalam diskusi.





Keterangan:
SB   = sangat baik
B     = baik
C     = cukup
K     = kurang

B.     Penilaian praktik dan hasil belajar
·         Instrument Penilaian praktik
3.2.1        Setelah  mempelajari materi Familie, peserta didik diharapkan dapat menyebutkan anggota keluarga dalam bahasa Jerman susuai konteks.
3.2.2        Setelah mempelajari materi Familie, peserta didik dapat menanyakan anggota keluarga dari temannya dengan benar.
3.2.3        Setelah mempelajari materi Familie, peserta didik diharapkan mampu membedakan kehidupan di Jerman dan Indonesia dengan benar.

       Rubrik Penilaian praktik
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Ketepatan pengucapan atau pelafalan kata, frasa dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca.
(3 = sangat baik; 2 = baik; 1 = kurang)
1-3
2
Ketepatan gramatik struktur teks kalimat
(3 = sangat baik; 2 = baik; 1 = kurang)
1-3

SKOR MAKSIMUM
6

Skor Perolehan
Nilai = _______________ x 100
6


·           Instument Penilaian hasil kerja
3.2.4        Setelah mempelajari materi Familie, peserta didik diharapkan mampu membedakan kehidupan di Jerman dan Indonesia dengan benar.
4.2.1        Setelah mempelajari materi Familie, peserta didik dapat menyusun teks tulis sederhana untuk memberitahukan tentang kehidupan keluarganya dengan benar.
4.2.2        Setelah mempelajari materi Familie, peserta didik dapat menanyakan informasi yang belum diketahui terkait topik Familie dengan benar.

                Rubrik Penilaian hasil kerja
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Ketepatan penulisan kata, frasa dan kalimat dengan huruf secara tepat dan benar. (Terdiri dari 10 soal)
(1 soal benar = poin 5)
Lengkapilah kalimat dibawah ini!
Ich heiβe Maria Moretz. 1)Ich komme aus Deutschland und wohne in Bali. Das ist 2)mein Vater. Er heiβt Thomas Moretz. Mein Vater arbeit im einem Büro. 3)Sie heiβt Sonya Sundaram. Er ist Hausfrau. Ich habe 4)einen Bruder. Er heiβt Mario Moretz. Er und ich sind 5)zwilling. Meinen Groβeltern wohne in Deutschland. 6)Mein Groβvater heiβt Antoni Moretz. Er ist 72 Jahre alt. 7)Meine Groβmutter heiβt Monica Dona Ines. Sie ist 70 Jahre alt.
50
2
Ketepatan struktur teks kalimat. (Terdiri dari 10 soal)
(1 soal benar = poin 5)
50

SKOR MAKSIMUM
100

Skor Perolehan
Nilai =  .....     x 5     =


 media pembelaajaran :

 die Familiesatambaum


die Grossefamilie 

die Kleinefamilie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

RPP kelas x semester ganjil

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan     : SMA Mata Pelajaran           : Bahasa Jerman Kelas/Semester           : ...