RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Jerman
Kelas/Semester : XI/Ganjil
Materi Pokok/Tema : Keluarga (Familie)
Sub Tema :
Familiestambaum
Alokasi Waktu : 2 x 2 Jp
Pertemuan
: 1
A.
Kompetensi Inti
3. Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
3.2 Memahami cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan
dan sikap, serta meminta dan menawarkan barang dan jasa terkait topik kehidupan keluarga (die Familie) dengan memperhatikan unsur kebahasaan ,struktur teks
dan unsur budaya yang sesuai
konteks penggunaannya.
4.2 Menyusun
teks lisan
dan tulis sederhana tentang cara memberitahu dan menanyakan fakta,
perasaan dan sikap, serta meminta dan menawarkan barang dan jasa
terkait topik
kehidupan keluarga (die Familie) dengan
memperhatikan unsur
kebahasaan, struktur teks dan budaya secara benar dan
sesuai konteks.
C. Indikator
3.2.1.1
Mengetahui nama-nama anggota keluarga dalam bahasa
Jerman
3.2.1.2
3.2.2.1
Menggunakan Fragewort untuk menanyakan anggota
keluarga.
3.2.2.2
Penggugunaan Possesive Pronnomen dalam bertanya.
3.2.3.1
Mengetahui perbedaan keluarga di Jerman dan Indonesia.
3.2.3.2
Membandingkan kehidupan keluarga di Jerman dan
Indonesia.
4.2.1.1
Menggunakan Possesive
Pronnomen dalam memberitahukan tentang kehidupan
keluarga.
4.2.1.2
D. Tujuan Pembelajaran
3.2.1
Setelah mempelajari
materi Familie, peserta didik diharapkan dapat menyebutkan
anggota keluarga dalam bahasa Jerman susuai konteks.
3.2.2
Setelah mempelajari materi Familie, peserta didik
dapat menanyakan anggota keluarga dari temannya dengan benar.
3.2.3
Setelah mempelajari materi Familie, peserta didik
diharapkan mampu membedakan kehidupan di Jerman dan Indonesia dengan benar.
4.2.2
Setelah mempelajari materi Familie, peserta didik
dapat menyusun teks tulis sederhana untuk memberitahukan tentang kehidupan
keluarganya dengan benar.
4.2.3
Setelah mempelajari materi Familie, peserta didik
dapat menanyakan informasi yang belum diketahui terkait topik Familie dengan
benar.
E.
Materi Pelajaran
Cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan
dan sikap, serta meminta dan menawarkan barang dan jasa terkait
Topik
: kehidupan keluarga (die
Familie)
Subtema
: pohon
kehidupan keluarga (der Familiebaum)
dengan
memperhatikan unsur kebahasaan ,struktur teks dan unsur budaya
yang sesuai konteks
penggunaannya:
·
Wortschatz
: Nomen, Verben, Adjektiv, Adverb,
·
Redemittel :
Ø Mengetahui nama – nama
keluarga dalam bahasa Jerman
o
der Vater ○ der Groβvater ○ die Tante
o
die Mutter ○ die Groβmutter ○ der Cousin
o
der Sohn ○ die Schwester ○ die Cousinen, usw
o
die Tochter ○ der Ongkel
Ø Menanyakan dan menjawab
tentang keluarga
·
Wie
heiβt der Vater ? er heiβt Rudi A.
·
Wo
arbeitet er ? er arbeitet ins Büro usw
F.
Metode Pembelajaran
·
Metode Saintifik
·
Diskusi Kelompok
·
Tanya jawab
·
Presentasi
·
Simulasi
·
Demonstrasi
G.
Media/Sumber Belajar
a) Media :
·
Lembaran tugas
·
Slide/Gambar
b) Sumber Belajar;
·
Kontakte
Deutsch
·
Tipp und Trick pembelajaran Bahasa Jerman
·
Grüβ Dich
H.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
|
Langkah-Langkah
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pertemuan pertama
|
Kegiatan
Awal
|
10 menit
|
|
-
Pendidik
mengingatkan kembali tentang materi yang pernah dipelajari.
-
Pendidik
menawali materi
Familie dengan pertanyaan yang ditujukan kepada peserta
didik.
-
Peserta
didik dibagi dalam beberapa kelompok sesuai jumlahnya.
|
|
||
Kegiatan Inti
|
70 menit
|
||
Mengamati
|
|
||
Pendidik
|
Peserta Didik
|
||
-
Menampilkan
gambar beserta teks yang berkaitan dengan Familie.
-
Menjelaskan
secara garis besar mengenai Familie.
|
-
Memperhatikan
gambar dan teks yang ditampilkan oleh pendidik.
-
Memperhatikan
penjelasan dari pendidik.
|
||
Menanya
|
|||
Pendidik
|
Peserta Didik
|
||
-
Meminta peserta didik untuk bertanya.
-
Bertanya
kepada peserta didik tentang bagian dari Familie yang
belum disebutkan dalam teks.
|
-
Menanyakan
kosakata yang belum dimengerti.
-
Menyebutkan
dalam bahasa Indonesia bagian Familie yang belum disebutkan
dalam teks.
|
||
Mengeksplorasi
|
|||
Pendidik
|
Peserta Didik
|
||
-
Memberikan
dua gambar berbeda setiap kelompok untuk membandingkannya.
-
Membimbing
peserta didik untuk menuliskan hasil pengamatannya sesuai gambar.
|
-
Membandingkan
dua gambar yang diberikan.
-
Menuliskan
hasil pengamatan susuai gambar melalui
bimbingan dari pendidik.
|
||
Mengasosiasi
|
|||
Pendidik
|
Peserta
didik
|
||
-
Mengarahkan
peserta didik untuk melakukan wawancara dengan teman sekelompoknya.
-
Membimbing
peserta didik dalam menuliskan hasil wawancaranya..
|
-
Melakukan
wawancara dengan teman kelompoknya sesuai arahan dari pendidik.
-
Menuliskan
hasil wawancara.
|
||
Mengomunikasikan
|
|||
Pendidik
|
Peserta Didik
|
||
-
Mengarahkan
peserta didik per kelompok untuk membacakan hasil tulisan dari wawancara yang
dilakukan dalam kelompoknya.
|
-
Membacakan
hasil tulisan dari wawancara sesuai arahan dari pendidik.
|
|
Kegiatan Akhir
|
10 menit
|
-
Melalui
arahan pendidik, peserta didik menyampaikan kembali informasi yang disimak.
-
Sebelum
pelajaran berakhir, peserta didik diberikan motivasi belajar.
-
Pendidik
memberikan tugas.
|
|
I.
PENILAIAN
A. Penilaian
Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
Lembar
Observasi
Sikap
Spiritual dan Sikap Sosial
No.
|
Sikap/ nilai
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
1
|
Terbiasa menyatakan rasa syukur atas kesempatan
mempelajari bahasa Jerman.
|
|
|
|
|
2
|
Terbiasa
menggambarkan perilaku jujur dan percaya diri dalam lingkungan sekolah maupun
masyarakat.
|
|
|
|
|
3
|
Terbiasa menggambarkan perilaku semangat dalam mengerjakan tugas dan
ulangan.
|
|
|
|
|
4
|
Terbiasa menggambarkan perilaku sopan santun dalam menghadapi masalah di
lingkungan sekolah.
|
|
|
|
|
5
|
Terbiasa menggambarkan rasa percaya diri saat berpendapat dalam diskusi.
|
|
|
|
|
Keterangan:
SB = sangat baik
B =
baik
C =
cukup
K =
kurang
B.
Penilaian praktik dan
hasil belajar
·
Instrument Penilaian praktik
3.2.1
Setelah
mempelajari materi Familie, peserta didik diharapkan dapat menyebutkan
anggota keluarga dalam bahasa Jerman susuai konteks.
3.2.2
Setelah mempelajari materi Familie, peserta didik
dapat menanyakan anggota keluarga dari temannya dengan benar.
3.2.3
Setelah mempelajari materi Familie, peserta didik
diharapkan mampu membedakan kehidupan di Jerman dan Indonesia dengan benar.
Rubrik
Penilaian praktik
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Ketepatan pengucapan atau pelafalan kata, frasa
dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca.
(3 = sangat baik; 2 = baik; 1 =
kurang)
|
1-3
|
2
|
Ketepatan gramatik struktur teks kalimat
(3 = sangat baik; 2 = baik; 1 =
kurang)
|
1-3
|
|
SKOR MAKSIMUM
|
6
|
|
Skor
Perolehan
Nilai =
_______________ x 100
6
|
|
·
Instument Penilaian hasil kerja
3.2.4
Setelah mempelajari materi Familie, peserta didik
diharapkan mampu membedakan kehidupan di Jerman dan Indonesia dengan benar.
4.2.1
Setelah mempelajari materi Familie, peserta didik
dapat menyusun teks tulis sederhana untuk memberitahukan tentang kehidupan
keluarganya dengan benar.
4.2.2
Setelah mempelajari materi Familie, peserta didik
dapat menanyakan informasi yang belum diketahui terkait topik Familie dengan
benar.
Rubrik Penilaian hasil kerja
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Ketepatan penulisan kata, frasa dan kalimat dengan
huruf secara
tepat dan benar. (Terdiri
dari 10 soal)
(1 soal benar = poin 5)
Lengkapilah kalimat dibawah ini!
Ich heiβe Maria Moretz. 1)Ich
komme aus Deutschland und wohne in Bali. Das ist 2)mein Vater. Er
heiβt Thomas Moretz. Mein Vater arbeit im einem Büro. 3)Sie heiβt
Sonya Sundaram. Er ist Hausfrau. Ich habe 4)einen Bruder. Er heiβt
Mario Moretz. Er und ich sind 5)zwilling. Meinen Groβeltern wohne in
Deutschland. 6)Mein Groβvater heiβt Antoni Moretz. Er ist 72 Jahre
alt. 7)Meine Groβmutter heiβt Monica Dona Ines. Sie ist 70 Jahre alt.
|
50
|
2
|
Ketepatan struktur teks kalimat. (Terdiri dari 10 soal)
(1 soal benar = poin 5)
|
50
|
|
SKOR MAKSIMUM
|
100
|
|
Skor
Perolehan
Nilai = .....
x 5 =
|
|
media pembelaajaran :
die Familiesatambaum
die Grossefamilie
die Kleinefamilie
Tidak ada komentar:
Posting Komentar