Minggu, 06 November 2016

RPP kelas x semester ganjil

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan    : SMA
Mata Pelajaran          : Bahasa Jerman
Kelas/Semester          : X/Ganjil
Materi Pokok/Tema  : Kennenlernen
Sub Tema                   : personalpronnomen
Alokasi Waktu           : 2 x 2 Jp
Pertemuan                  : 3 dan 4

       I.            KOMPETENSI DASAR

3.1  Memahami cara menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, meminta izin, memberi intruksi dan memperkenalkan diri serta cara meresponnya terkait topik identitas diri (Kennenlernen) dengan memperhatikan unsur kebahasaan dan struktur teks yang sesuai konteks penggunaannya.
3.2  Memahami cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap, serta meminta dan menawarkan barang dan jasa terkait topik identitas diri (Kennenlernen) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks, dan unsur budaya yang sesuai konteks penggunaannya.
         4.1 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk merespon perkenalan diri,
                sapaan,berpamitan, dan terkait topik identitas diri (Kennenlernen) dengan
                memperhatikan unsur kebahasaan dan struktur teks secara benar dan sesuai konteks.
4.1  Menyusun teks lisan dan tulis sederhana tentang cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap, serta meminta dan menawarkan barang dan jasa terkait topik identitas diri (Kennenlernen) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks, dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.


    II.            INDIKATOR

     3.1.3.1 Menggunakan Personalpronomen untuk memperkenalkan diri.
4.1.1.1 Menggunakan Personalpronomen dalam menuliskan identitas diri orang lain.
4.1.1.2 Menggunakan Possesivepronomen dalam menuliskan identitas diri orang lain.
     4.2.1.1 Menggunakan Personalpronomen dalam menuliskan identitas diri.
     4.2.2.2 Menggunakan Personalpronomen dalam penulisan untuk menanyakan identitas diri.
     4.2.3.1 Menggunakan Personalpronomen dalam memperkenalkan diri.
     4.2.4.2 Menggunakan Personalpronnomen dalam menanyakan identitas orang lain.

 III.            TUJUAN PEMBELAJARAN

3.1.3        Setelah diberi materi bacaan mengenai Kennenlernen, peserta didik dapat mengetahui cara memperkenalkan diri dengan benar.
3.2.1        Setelah diberi materi bacaan mengenai Kennenlernen, peserta didik dapat mengetahui cara bertanya tentang identitas orang lain dengan benar.
3.2.2        Setelah diberi materi bacaan mengenai Kennenlernen, peserta didik dapat
memperkenalkan orang lain dengan benar.
4.1.1        Setelah diberi materi bacaan mengenai Kennenlernen, peserta didik dapat
                  mengetahui penulisan untuk  merespon pengenalan diri dengan tepat.
     4.2.1   Setelah diberi materi bacaan mengenai Kennenlernen, peserta didik dapat mengetahui
                penulisan bahasa Jerman dalam memberitahukan identitas diri dengan benar.
     4.2.2   Setelah diberi materi bacaan mengenai Kennenlernen, peserta didik dapat  mengetahui
                penulisan bahasa Jerman dalam menanyakan identitas diri dengan benar.
     4.2.3   Setelah mempelajari materi tentang Kennenlernen, peserta didik dapat menyebutkan
                identitas diri dengan benar.
     4.2.4   Setelah mempelajari materi tentang Kennenlernen, peserta didik dapat bertanya
                mengenai identitas diri orang lain dengan benar.

 IV.            MATERI AJAR

Personalpronomen (Kata Ganti Orang)
Kata ganti orang dalam bahasa Jerman digunakan untuk :
·         menunjuk diri sendiri atau orang lain yang diajak berbicara.
·         menunjuk orang atau sesuatu yang telah disebutkan sebelumnya.
Berikut perubahan (konjugasi) dari Personalpronomen :

Nominativ
Akkusativ
Dativ
Arti
Singular
Orang I
Ich
Mich
Mir
Saya
Orang II
Du
Dich
Dir
Kamu
Orang III
Er
Ihn
Ihm
dia-laki-laki/*KB.A “der”

Sie
Sie
Ihr
dia- perempuan/*KB.A “die”
Es
Es
Ihm
dia – *KB.A “das”
Plural
Orang I
Wir
Uns
Uns
Kami
Orang II
Ihr
Euch
Euch
kalian semua
Orang III
Sie
Sie
Ihnen
Mereka
Formal

Sie
Sie
Ihnen
Anda ,tuan/nyonya


Genitiv
Arti
Singular
Orang I
Meiner
milik saya
Orang II
Deiner
milik kamu
Orang III
Seiner
milik dia-laki-laki/*KB.A “der”

Ihrer
milik dia- perempuan/*KB.A “die”
Seiner
milik dia – *KB.A “das”
Plural
Orang I
Unsrer
milik kami
Orang II
Eurer
milik kalian semua
Orang III
Ihrer
milik mereka
Formal

Ihrer
milik Anda ,tuan/nyonya

Keterangan: Nominativ (pelengkap penanda Subjek),Akkusativ (pelengkap penanda objek langsung), Dativ(pelengkap penanda objek penyerta) dan Genetiv – kata ganti dalam bentuk ini jarang sekali digunakan dalam kalimat.
Uraian tentang kata ganti orang dalam bentuk Nominativ :
Kata ganti Orang I (ich – wir) digunakan ketika kita melakukan suatu tindakan sendirian atau dengan orang lain.
Orang pertama tunggal(Singular)                                 Orang pertama jamak (Plural)
                                                
Kata ganti Orang II (du – ihr) menunjukan bahwa orang tersebut adalah lawan bicara (pendegar) sedangkan ihr menunjukan bahwa pendengar atau lawan bicara lebih dari satu (plural).
Orang kedua tunggal (Singular)                                      Orang kedua jamak (Plural)
                                       


Kata ganti “du-ihr” digunakan ketika berbicara kepada seseorang yang sudah akrab, anak-anak, pelajar dan sesama kerabat dan keluarga.
Kata ganti Orang III (er/es/sie – sie) menunjukan bahwa orang tersebut adalah orang /binatang/sesuatu yang sedang dibicarakan.
   Orang ketiga tunggal (Singular)                                      Orang ketiga jamak (Plural)                       
Kata ganti Formal “Sie” (bentuk sopan dan hormat). Digunakan ketika berbicara kepada orang yang lebih dewasa, pertama kali bertemu dan belum dikenal dan dipergunakan pada keadaan formal.


Kata ganti formal Sie
                         


Ingat : penulisan kata ganti “Sie” dalam bentuk hormat selalu diawali dengan huruf besar “S”. Antara “sie”(kata ganti III Plural) digunakan untuk menunjukkan bahwa orang/binatang/sesuatu tersebut lebih dari satu sedangkan “Sie” (kata ganti bentuk Formal) digunakan untuk menyebut seseorang secara sopan.
*heißen = bernama
*KB.A = kata benda artikel (der, die, das)

    V.            METODE PEMBELAJARAN

·         Metode Saintifik.
·         Tanya jawab.
·         Presentasi.
·         Simulasi.
·         Demonstrasi.


 VI.            MEDIA/ SUMBER BELAJAR

a)      Media :
·         Slide/Gambar.
·         Teks.
b)      Sumber Belajar :
·         Kontakte Deutsch.
·         Tipp und Trick pembelajaran  Bahasa Jerman.
·         Teman sebangku.

VII.            LANGAKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi waktu
Pertemuan Ketiga

A.    Kegiatan Awal       :
·           Pendidik memancing peserta didik dengan pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan diajarkan.

B.  Kegiatan Inti         :
10 menit


70 menit























10 menit
Mengamati
Pendidik
Peserta didik
-        Menjelaskan tentang personalpronnomen secara garis besar.
-        Menampilkan gambar berisi teks yang menjelaskan tentang personalpronnomen.
-        Menyimak pelafalan pendidik tentang personalpronnomen yang dijelaskan.
-        Memperhatikan gambar berisi teks yang ditampilkan oleh pendidik.
Menanya
Penidik
Peserta didik
-        Memancing peserta didik untuk bertanya mengenai personalpronnomen.

-        Bertanya mengenai bagian-bagian dari personalpronnomen.
-        Bertanya mengenai perbedaan antara sie(dia perempuan), sie(mereka) dan Sie(anda) dalam kalimat.
Mengeksplorasi
Pendidik
Peserta didik
-        Membagikan dua gambar yang berbeda mengenai personalpronnomen.
-        Membimbing peserta didik untuk membandingkan kedua gambar tersebut.
-        Mengamati gambar yang diberikan oleh pendidik.
-        Membandingkan kedua gambar melalui bimbingan dari pendidik.
Mengasosiasi
Pendidik
Peserta didik
-        Membantu peserta didik menuliskan perbandingannya terhadap kedua gambar yang diberikan.
-        Menuliskan perbandingan dari kedua gambar yang diberikan pendidik tentang personalpronnomen.
Mengomunikasikan
Pendidik
Peserta didik
-        Memberikan arahan kepada peserta didik untuk menyampaikan hasil perbandingannya terhadap kedua gambar yang diberikan.
-        Menyampaikan hasil tulisannya dengan pelafalan yang benar.


C. Kegiatan Akhir     :  
·         Peserta didik menyampaikan kembali informasi secara garis besar.(konfirmasi)
·         Sebelum pelajaran berakhir, peserta didik diberikan motivasi belajar.
·         Pendidik memberikan tugas 1. (terlampir)



Pertemuan
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi waktu
Pertemuan Keempat

A.    Kegiatan Awal       :
·           Pendidik menyampaikan kepada peserta didik untuk mengumpulkan tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
·           Pendidik mengingatkan kembali tentang materi yang telah di pelajari sebelumnya.
·           Pendidik memancing peserta didik dengan pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan diajarkan.
B.  Kegiatan Inti         :
10 menit



70 menit





















10 menit
Mengamati
Pendidik
Peserta didik
-        Menampilkan gambar tentang personalpronnomen.
-        Memperhatikan gambar yang ditampilkan oleh pendidik.
Menanya
Penidik
Peserta didik
-        Meminta peserta didik untuk menanyakan mengenai personalpronnomen.
-        Bertanya mengenai penggunaan personalpronnomen.
Mengeksplorasi
Pendidik
Peserta didik
-        Menampilkan kembali gambar tentang personalpronnomen.
-        Mengamati gambar yang telah ditampilkan sebelum melakukan latihan bersama teman sebangku.
Mengasosiasi
Pendidik
Peserta didik
-        Memberikan arahan kepada peserta didik untuk melakukan latihan dengan teman sebangku dalam menyebutkan personalpronnomen sesuai subjek dan menuliskan hasil latihan tersebut.
-        Melakukan latihan dengan teman sebangku sesuai arahan dari guru mengenai personalpronnomen.
-        Menuliskan hasil latihan yang dilakukan dengan teman sebangku.
Mengomunikasikan
Pendidik
Peserta didik
-        Memberikan arahan kepada peserta didik untuk membacakan hasil latihan bersama teman sebangkunya.
-        Bersama teman sebangku membacakan hasil latihan yang telah dilakukan.
C. Kegiatan Akhir     :  
·         Peserta didik menyampaikan kembali informasi secara garis besar.(konfirmasi)
·         Sebelum pelajaran berakhir, peserta didik diberikan motivasi belajar dan materi yang akan diajarkan selanjutnya.


VIII.            PENILAIAN

Ø  PERTEMUAN KETIGA
A.    Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
                                                      Lembar Observasi
Sikap Spiritual dan Sikap Sosial

No.
Sikap/ nilai
SB
B
C
K
1
Terbiasa menyatakan rasa syukur atas kesempatan mempelajari bahasa Jerman.




2
Terbiasa menggambarkan perilaku jujur dan percaya diri dalam lingkungan sekolah maupun masyarakat.




3
Terbiasa menggambarkan perilaku semangat dalam mengerjakan tugas dan ulangan.




4
Terbiasa menggambarkan perilaku sopan santun dalam menghadapi masalah di lingkungan sekolah.




5
Terbiasa menggambarkan rasa percaya diri saat berpendapat dalam diskusi.





Keterangan:
SB  = sangat baik
B     = baik
C     = cukup
K    = kurang

B.     Penilaian praktik dan hasil belajar
·         Instrument Penilaian praktik
3.1.2        Setelah diberi materi bacaan mengenai Kennenlernen, peserta didik dapat mengetahui cara memperkenalkan diri dengan benar.
3.2.3        Setelah diberi materi bacaan mengenai Kennenlernen, peserta didik dapat mengetahui cara bertanya tentang identitas orang lain dengan benar.
3.2.4        Setelah diberi materi bacaan mengenai Kennenlernen, peserta didik dapat
memperkenalkan orang lain dengan benar.


       Rubrik Penilaian praktik
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Ketepatan pengucapan atau pelafalan kata, frasa dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca.
(3 = sangat baik; 2 = baik; 1 = kurang)
1-3
2
Ketepatan gramatik struktur teks kalimat
(3 = sangat baik; 2 = baik; 1 = kurang)
1-3

SKOR MAKSIMUM
6

Skor Perolehan
Nilai = _______________ x 100
6


·         Instument Penilaian hasil kerja

4.1.1        Setelah diberi materi bacaan mengenai Kennenlernen, peserta didik dapat mengetahui penulisan untuk  merespon pengenalan diri dengan tepat.
     4.2.1   Setelah diberi materi bacaan mengenai Kennenlernen, peserta didik dapat mengetahui
                penulisan bahasa Jerman dalam memberitahukan identitas diri dengan benar.
     4.2.2   Setelah diberi materi bacaan mengenai Kennenlernen, peserta didik dapat  mengetahui
                penulisan bahasa Jerman dalam menanyakan identitas diri dengan benar.
     4.2.3   Setelah mempelajari materi tentang Kennenlernen, peserta didik dapat menyebutkan
                identitas diri dengan benar.
     4.2.4   Setelah mempelajari materi tentang Kennenlernen, peserta didik dapat bertanya
                mengenai identitas diri orang lain dengan benar.

                Rubrik Penilaian hasil kerja
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Ketepatan penulisan kata, frasa dan kalimat dengan huruf secara tepat dan benar. (Terdiri dari 10 soal)
(1 soal benar = poin 5)
50
2
Ketepatan struktur teks kalimat. (Terdiri dari 10 soal)
(1 soal benar = poin 5)
50

SKOR MAKSIMUM
100

Skor Perolehan
Nilai =  .....     x 5     =



Ø  PERTEMUAN KEEMPAT
A.    Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
                                                      Lembar Observasi
Sikap Spiritual dan Sikap Sosial

No.
Sikap/ nilai
SB
B
C
K
1
Terbiasa menyatakan rasa syukur atas kesempatan mempelajari bahasa Jerman.




2
Terbiasa menggambarkan perilaku jujur dan percaya diri dalam lingkungan sekolah maupun masyarakat.




3
Terbiasa menggambarkan perilaku semangat dalam mengerjakan tugas dan ulangan.




4
Terbiasa menggambarkan perilaku sopan santun dalam menghadapi masalah di lingkungan sekolah.




5
Terbiasa menggambarkan rasa percaya diri saat berpendapat dalam diskusi.





Keterangan:
SB  = sangat baik
B     = baik
C     = cukup
K    = kurang

B.     Penilaian praktik dan hasil belajar
·         Instrument Penilaian praktik

3.1.3        Setelah diberi materi bacaan mengenai Kennenlernen, peserta didik dapat mengetahui cara memperkenalkan diri dengan benar.
3.2.3        Setelah diberi materi bacaan mengenai Kennenlernen, peserta didik dapat mengetahui cara bertanya tentang identitas orang lain dengan benar.
3.2.4        Setelah diberi materi bacaan mengenai Kennenlernen, peserta didik dapat
              memperkenalkan orang lain dengan benar.

       Rubrik Penilaian praktik
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Ketepatan pengucapan atau pelafalan kata, frasa dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca.
(3 = sangat baik; 2 = baik; 1 = kurang)
1-3
2
Ketepatan gramatik struktur teks kalimat
(3 = sangat baik; 2 = baik; 1 = kurang)
1-3

SKOR MAKSIMUM
6

Skor Perolehan
Nilai = _______________ x 100
6


·         Instument Penilaian hasil kerja

4.1.1        Setelah diberi materi bacaan mengenai Kennenlernen, peserta didik dapat
                  mengetahui penulisan untuk  merespon pengenalan diri dengan tepat.
     4.2.1   Setelah diberi materi bacaan mengenai Kennenlernen, peserta didik dapat mengetahui
                penulisan bahasa Jerman dalam memberitahukan identitas diri dengan benar.
     4.2.2   Setelah diberi materi bacaan mengenai Kennenlernen, peserta didik dapat  mengetahui
                penulisan bahasa Jerman dalam menanyakan identitas diri dengan benar.
     4.2.3   Setelah mempelajari materi tentang Kennenlernen, peserta didik dapat menyebutkan
                identitas diri dengan benar.
     4.2.4   Setelah mempelajari materi tentang Kennenlernen, peserta didik dapat bertanya
                mengenai identitas diri orang lain dengan benar.

                Rubrik Penilaian hasil kerja
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Ketepatan penulisan kata, frasa dan kalimat dengan huruf secara tepat dan benar. (Terdiri dari 10 soal)
(1 soal benar = poin 5)
50
2
Ketepatan struktur teks kalimat. (Terdiri dari 10 soal)
(1 soal benar = poin 5)
50

SKOR MAKSIMUM
100

Skor Perolehan
Nilai =  .....     x 5     =







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

RPP kelas x semester ganjil

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan     : SMA Mata Pelajaran           : Bahasa Jerman Kelas/Semester           : ...