RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Jerman
Kelas/Semester : X/Ganjil
Materi
Pokok/Tema : Kennenlernen
Sub Tema : personalpronnomen
Alokasi Waktu : 2 x 2 Jp
Pertemuan
: 3 dan 4
I.
KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami
cara menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, meminta izin,
memberi intruksi dan memperkenalkan diri serta cara meresponnya terkait topik
identitas diri (Kennenlernen) dengan
memperhatikan unsur kebahasaan dan struktur teks yang sesuai konteks
penggunaannya.
3.2 Memahami
cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap, serta meminta dan
menawarkan barang dan jasa terkait topik identitas diri (Kennenlernen) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks,
dan unsur budaya yang sesuai konteks penggunaannya.
4.1 Menyusun
teks lisan dan tulis sederhana untuk merespon perkenalan diri,
sapaan,berpamitan, dan
terkait topik identitas diri (Kennenlernen)
dengan
memperhatikan
unsur kebahasaan dan struktur teks secara benar dan sesuai konteks.
4.1 Menyusun
teks lisan dan tulis sederhana tentang cara memberitahu dan menanyakan fakta,
perasaan dan sikap, serta meminta dan menawarkan barang dan jasa terkait topik
identitas diri (Kennenlernen) dengan
memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks, dan unsur budaya secara benar
dan sesuai konteks.
II.
INDIKATOR
3.1.3.1
Menggunakan Personalpronomen untuk
memperkenalkan diri.
4.1.1.1 Menggunakan Personalpronomen dalam menuliskan
identitas diri orang lain.
4.1.1.2 Menggunakan Possesivepronomen dalam menuliskan identitas diri orang lain.
4.2.1.1
Menggunakan Personalpronomen dalam
menuliskan identitas diri.
4.2.2.2
Menggunakan Personalpronomen dalam
penulisan untuk menanyakan identitas diri.
4.2.3.1
Menggunakan Personalpronomen dalam
memperkenalkan diri.
4.2.4.2
Menggunakan Personalpronnomen dalam menanyakan
identitas orang lain.
III.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
3.1.3
Setelah diberi materi bacaan mengenai Kennenlernen,
peserta didik dapat mengetahui cara memperkenalkan diri dengan benar.
3.2.1
Setelah diberi materi bacaan mengenai Kennenlernen,
peserta didik dapat mengetahui cara bertanya tentang identitas orang lain
dengan benar.
3.2.2
Setelah diberi materi bacaan mengenai Kennenlernen,
peserta didik dapat
memperkenalkan orang lain dengan benar.
4.1.1
Setelah diberi materi bacaan mengenai Kennenlernen,
peserta didik dapat
mengetahui penulisan untuk merespon pengenalan diri dengan tepat.
4.2.1 Setelah diberi materi
bacaan mengenai Kennenlernen, peserta didik dapat mengetahui
penulisan
bahasa Jerman dalam memberitahukan identitas diri dengan benar.
4.2.2 Setelah diberi materi
bacaan mengenai Kennenlernen, peserta didik dapat mengetahui
penulisan
bahasa Jerman dalam menanyakan identitas diri dengan benar.
4.2.3 Setelah mempelajari
materi tentang Kennenlernen, peserta didik dapat menyebutkan
identitas
diri dengan benar.
4.2.4 Setelah mempelajari
materi tentang Kennenlernen, peserta didik dapat bertanya
mengenai
identitas diri orang lain dengan benar.
IV.
MATERI AJAR
Personalpronomen
(Kata Ganti Orang)
Kata ganti orang dalam bahasa Jerman digunakan
untuk :
·
menunjuk
diri sendiri atau orang lain yang diajak berbicara.
·
menunjuk
orang atau sesuatu yang telah disebutkan sebelumnya.
Berikut perubahan (konjugasi) dari Personalpronomen
:
|
Nominativ
|
Akkusativ
|
Dativ
|
Arti
|
|
Singular
|
Orang I
|
Ich
|
Mich
|
Mir
|
Saya
|
Orang II
|
Du
|
Dich
|
Dir
|
Kamu
|
|
Orang III
|
Er
|
Ihn
|
Ihm
|
dia-laki-laki/*KB.A “der”
|
|
|
Sie
|
Sie
|
Ihr
|
dia- perempuan/*KB.A “die”
|
|
Es
|
Es
|
Ihm
|
dia – *KB.A “das”
|
||
Plural
|
Orang I
|
Wir
|
Uns
|
Uns
|
Kami
|
Orang II
|
Ihr
|
Euch
|
Euch
|
kalian semua
|
|
Orang III
|
Sie
|
Sie
|
Ihnen
|
Mereka
|
|
Formal
|
|
Sie
|
Sie
|
Ihnen
|
Anda ,tuan/nyonya
|
|
Genitiv
|
Arti
|
|
Singular
|
Orang I
|
Meiner
|
milik saya
|
Orang II
|
Deiner
|
milik kamu
|
|
Orang III
|
Seiner
|
milik dia-laki-laki/*KB.A “der”
|
|
|
Ihrer
|
milik dia- perempuan/*KB.A “die”
|
|
Seiner
|
milik dia – *KB.A “das”
|
||
Plural
|
Orang I
|
Unsrer
|
milik kami
|
Orang II
|
Eurer
|
milik kalian semua
|
|
Orang III
|
Ihrer
|
milik mereka
|
|
Formal
|
|
Ihrer
|
milik Anda ,tuan/nyonya
|
Keterangan: Nominativ (pelengkap
penanda Subjek),Akkusativ (pelengkap penanda objek
langsung), Dativ(pelengkap penanda objek penyerta) dan Genetiv –
kata ganti dalam bentuk ini jarang sekali digunakan dalam kalimat.
Uraian
tentang kata ganti orang dalam bentuk Nominativ :
Kata
ganti Orang I (ich – wir) digunakan ketika kita melakukan suatu
tindakan sendirian atau dengan orang lain.
Orang pertama tunggal(Singular) Orang
pertama jamak (Plural)
Kata
ganti Orang II (du – ihr) menunjukan bahwa orang tersebut adalah
lawan bicara (pendegar) sedangkan ihr menunjukan bahwa pendengar atau lawan
bicara lebih dari satu (plural).
Orang kedua tunggal (Singular) Orang
kedua jamak (Plural)
Kata
ganti “du-ihr” digunakan ketika berbicara kepada seseorang yang sudah
akrab, anak-anak, pelajar dan sesama kerabat dan keluarga.
Kata
ganti Orang III (er/es/sie – sie) menunjukan bahwa orang tersebut
adalah orang /binatang/sesuatu yang sedang dibicarakan.
Orang
ketiga tunggal (Singular) Orang ketiga jamak (Plural)
Kata
ganti Formal “Sie” (bentuk sopan dan hormat). Digunakan ketika berbicara
kepada orang yang lebih dewasa, pertama kali bertemu dan belum dikenal dan
dipergunakan pada keadaan formal.
Kata
ganti formal Sie
Ingat
: penulisan kata ganti “Sie” dalam bentuk hormat selalu diawali dengan huruf
besar “S”. Antara “sie”(kata ganti III Plural) digunakan untuk
menunjukkan bahwa orang/binatang/sesuatu tersebut lebih dari satu
sedangkan “Sie” (kata ganti bentuk Formal) digunakan untuk menyebut
seseorang secara sopan.
*heißen
= bernama
*KB.A
= kata benda artikel (der, die, das)
V.
METODE PEMBELAJARAN
·
Metode Saintifik.
·
Tanya jawab.
·
Presentasi.
·
Simulasi.
·
Demonstrasi.
VI.
MEDIA/ SUMBER BELAJAR
a)
Media :
·
Slide/Gambar.
·
Teks.
b)
Sumber Belajar :
·
Kontakte Deutsch.
·
Tipp und Trick pembelajaran Bahasa Jerman.
·
Teman sebangku.
VII.
LANGAKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
|
Pertemuan Ketiga
|
A.
Kegiatan
Awal :
·
Pendidik memancing
peserta didik dengan pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan
diajarkan.
B. Kegiatan Inti :
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
|
Mengamati
|
|||
Pendidik
|
Peserta
didik
|
||
-
Menjelaskan
tentang personalpronnomen
secara garis besar.
-
Menampilkan gambar berisi teks yang
menjelaskan tentang personalpronnomen.
|
-
Menyimak pelafalan pendidik tentang personalpronnomen yang dijelaskan.
-
Memperhatikan gambar berisi teks yang
ditampilkan oleh pendidik.
|
||
Menanya
|
|||
Penidik
|
Peserta
didik
|
||
-
Memancing peserta didik untuk bertanya
mengenai personalpronnomen.
|
-
Bertanya mengenai bagian-bagian dari personalpronnomen.
-
Bertanya mengenai perbedaan antara sie(dia
perempuan), sie(mereka) dan Sie(anda) dalam kalimat.
|
||
Mengeksplorasi
|
|||
Pendidik
|
Peserta
didik
|
||
-
Membagikan
dua gambar yang berbeda mengenai personalpronnomen.
-
Membimbing peserta didik untuk membandingkan
kedua gambar tersebut.
|
-
Mengamati
gambar yang diberikan oleh pendidik.
-
Membandingkan
kedua gambar melalui bimbingan dari pendidik.
|
||
Mengasosiasi
|
|||
Pendidik
|
Peserta
didik
|
||
-
Membantu
peserta didik menuliskan perbandingannya terhadap kedua gambar yang
diberikan.
|
-
Menuliskan
perbandingan dari kedua gambar yang diberikan pendidik tentang personalpronnomen.
|
||
Mengomunikasikan
|
|||
Pendidik
|
Peserta
didik
|
||
-
Memberikan arahan kepada peserta didik untuk
menyampaikan hasil perbandingannya terhadap kedua gambar yang diberikan.
|
-
Menyampaikan hasil tulisannya dengan pelafalan
yang benar.
|
||
C. Kegiatan Akhir :
·
Peserta didik
menyampaikan kembali informasi secara garis besar.(konfirmasi)
·
Sebelum pelajaran
berakhir, peserta didik diberikan motivasi belajar.
·
Pendidik memberikan tugas
1. (terlampir)
|
Pertemuan
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
|
Pertemuan Keempat
|
A.
Kegiatan
Awal :
·
Pendidik
menyampaikan kepada peserta didik untuk mengumpulkan tugas yang diberikan
pada pertemuan sebelumnya.
·
Pendidik
mengingatkan kembali tentang materi yang telah di pelajari sebelumnya.
·
Pendidik
memancing peserta didik dengan pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang
akan diajarkan.
B. Kegiatan Inti :
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
|
Mengamati
|
|||
Pendidik
|
Peserta
didik
|
||
-
Menampilkan
gambar tentang personalpronnomen.
|
-
Memperhatikan
gambar yang ditampilkan oleh pendidik.
|
||
Menanya
|
|||
Penidik
|
Peserta
didik
|
||
-
Meminta
peserta didik untuk menanyakan mengenai personalpronnomen.
|
-
Bertanya
mengenai penggunaan personalpronnomen.
|
||
Mengeksplorasi
|
|||
Pendidik
|
Peserta
didik
|
||
-
Menampilkan
kembali gambar tentang personalpronnomen.
|
-
Mengamati
gambar yang telah ditampilkan sebelum melakukan latihan bersama teman
sebangku.
|
||
Mengasosiasi
|
|||
Pendidik
|
Peserta
didik
|
||
-
Memberikan
arahan kepada peserta didik untuk melakukan latihan dengan teman sebangku
dalam menyebutkan personalpronnomen
sesuai subjek dan menuliskan hasil latihan tersebut.
|
-
Melakukan latihan dengan teman sebangku sesuai
arahan dari guru mengenai personalpronnomen.
-
Menuliskan hasil latihan yang dilakukan dengan
teman sebangku.
|
||
Mengomunikasikan
|
|||
Pendidik
|
Peserta
didik
|
||
-
Memberikan arahan kepada peserta didik untuk
membacakan hasil latihan bersama teman sebangkunya.
|
-
Bersama teman sebangku membacakan hasil
latihan yang telah dilakukan.
|
||
C. Kegiatan Akhir :
·
Peserta didik
menyampaikan kembali informasi secara garis besar.(konfirmasi)
·
Sebelum pelajaran berakhir, peserta didik diberikan motivasi
belajar dan materi yang akan diajarkan selanjutnya.
|
VIII.
PENILAIAN
Ø
PERTEMUAN
KETIGA
A.
Penilaian
Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
Lembar
Observasi
Sikap Spiritual dan
Sikap Sosial
No.
|
Sikap/ nilai
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
1
|
Terbiasa menyatakan rasa syukur atas kesempatan
mempelajari bahasa Jerman.
|
|
|
|
|
2
|
Terbiasa menggambarkan perilaku
jujur dan percaya diri dalam lingkungan sekolah maupun masyarakat.
|
|
|
|
|
3
|
Terbiasa menggambarkan
perilaku semangat dalam mengerjakan tugas dan ulangan.
|
|
|
|
|
4
|
Terbiasa menggambarkan
perilaku sopan santun dalam menghadapi masalah di lingkungan sekolah.
|
|
|
|
|
5
|
Terbiasa menggambarkan
rasa percaya diri saat berpendapat dalam diskusi.
|
|
|
|
|
Keterangan:
SB = sangat baik
B = baik
C = cukup
K = kurang
B.
Penilaian
praktik dan hasil belajar
·
Instrument
Penilaian praktik
3.1.2
Setelah diberi materi bacaan mengenai
Kennenlernen, peserta didik dapat mengetahui cara memperkenalkan diri dengan
benar.
3.2.3
Setelah diberi materi bacaan mengenai Kennenlernen,
peserta didik dapat mengetahui cara bertanya tentang identitas orang lain
dengan benar.
3.2.4
Setelah diberi materi bacaan mengenai Kennenlernen,
peserta didik dapat
memperkenalkan orang lain dengan benar.
Rubrik
Penilaian praktik
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor
|
1
|
Ketepatan pengucapan atau pelafalan kata, frasa dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca.
(3 = sangat baik; 2 = baik; 1 = kurang)
|
1-3
|
2
|
Ketepatan gramatik struktur teks
kalimat
(3 = sangat baik; 2 = baik; 1 = kurang)
|
1-3
|
|
SKOR MAKSIMUM
|
6
|
|
Skor Perolehan
Nilai = _______________ x 100
6
|
|
·
Instument
Penilaian hasil kerja
4.1.1
Setelah diberi materi bacaan mengenai Kennenlernen,
peserta didik dapat mengetahui penulisan untuk
merespon pengenalan diri dengan tepat.
4.2.1 Setelah diberi materi
bacaan mengenai Kennenlernen, peserta didik dapat mengetahui
penulisan
bahasa Jerman dalam memberitahukan identitas diri dengan benar.
4.2.2 Setelah diberi materi
bacaan mengenai Kennenlernen, peserta didik dapat mengetahui
penulisan
bahasa Jerman dalam menanyakan identitas diri dengan benar.
4.2.3 Setelah mempelajari
materi tentang Kennenlernen, peserta didik dapat menyebutkan
identitas
diri dengan benar.
4.2.4 Setelah mempelajari
materi tentang Kennenlernen, peserta didik dapat bertanya
mengenai
identitas diri orang lain dengan benar.
Rubrik
Penilaian hasil kerja
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor
|
1
|
Ketepatan penulisan kata, frasa
dan kalimat dengan huruf secara tepat dan benar. (Terdiri dari 10 soal)
(1 soal benar = poin 5)
|
50
|
2
|
Ketepatan struktur teks kalimat. (Terdiri dari 10 soal)
(1 soal benar = poin 5)
|
50
|
|
SKOR MAKSIMUM
|
100
|
|
Skor Perolehan
Nilai = ..... x 5 =
|
|
Ø
PERTEMUAN
KEEMPAT
A.
Penilaian
Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
Lembar
Observasi
Sikap Spiritual dan
Sikap Sosial
No.
|
Sikap/ nilai
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
1
|
Terbiasa menyatakan rasa syukur atas kesempatan
mempelajari bahasa Jerman.
|
|
|
|
|
2
|
Terbiasa menggambarkan perilaku
jujur dan percaya diri dalam lingkungan sekolah maupun masyarakat.
|
|
|
|
|
3
|
Terbiasa menggambarkan
perilaku semangat dalam mengerjakan tugas dan ulangan.
|
|
|
|
|
4
|
Terbiasa menggambarkan
perilaku sopan santun dalam menghadapi masalah di lingkungan sekolah.
|
|
|
|
|
5
|
Terbiasa menggambarkan
rasa percaya diri saat berpendapat dalam diskusi.
|
|
|
|
|
Keterangan:
SB = sangat baik
B = baik
C = cukup
K = kurang
B. Penilaian praktik dan hasil belajar
·
Instrument
Penilaian praktik
3.1.3
Setelah diberi materi bacaan mengenai
Kennenlernen, peserta didik dapat mengetahui cara memperkenalkan diri dengan benar.
3.2.3
Setelah diberi materi bacaan mengenai Kennenlernen,
peserta didik dapat mengetahui cara bertanya tentang identitas orang lain
dengan benar.
3.2.4
Setelah diberi materi bacaan mengenai Kennenlernen,
peserta didik dapat
memperkenalkan orang lain
dengan benar.
Rubrik
Penilaian praktik
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor
|
1
|
Ketepatan pengucapan atau pelafalan kata, frasa dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca.
(3 = sangat baik; 2 = baik; 1 = kurang)
|
1-3
|
2
|
Ketepatan gramatik struktur teks
kalimat
(3 = sangat baik; 2 = baik; 1 = kurang)
|
1-3
|
|
SKOR MAKSIMUM
|
6
|
|
Skor Perolehan
Nilai = _______________ x 100
6
|
|
·
Instument
Penilaian hasil kerja
4.1.1
Setelah diberi materi bacaan mengenai Kennenlernen,
peserta didik dapat
mengetahui penulisan
untuk merespon pengenalan diri dengan
tepat.
4.2.1 Setelah diberi materi
bacaan mengenai Kennenlernen, peserta didik dapat mengetahui
penulisan
bahasa Jerman dalam memberitahukan identitas diri dengan benar.
4.2.2 Setelah diberi materi
bacaan mengenai Kennenlernen, peserta didik dapat mengetahui
penulisan
bahasa Jerman dalam menanyakan identitas diri dengan benar.
4.2.3 Setelah mempelajari
materi tentang Kennenlernen, peserta didik dapat menyebutkan
identitas
diri dengan benar.
4.2.4 Setelah mempelajari
materi tentang Kennenlernen, peserta didik dapat bertanya
mengenai
identitas diri orang lain dengan benar.
Rubrik
Penilaian hasil kerja
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Ketepatan penulisan kata, frasa
dan kalimat dengan huruf secara tepat dan benar. (Terdiri dari 10 soal)
(1 soal benar = poin 5)
|
50
|
2
|
Ketepatan struktur teks kalimat. (Terdiri dari 10 soal)
(1 soal benar = poin 5)
|
50
|
|
SKOR MAKSIMUM
|
100
|
|
Skor Perolehan
Nilai = ..... x 5 =
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar