Rabu, 14 Maret 2018

RPP K13 REVISI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah              : SMA Negeri 8 Surabaya
Mata Pelajaran             : Bahasa Jerman/Peminatan
Kelas/Semester            : XII/1
Materi Pokok               : kehidupan sehari-hari/hobi
Sub Tema                     : Modalverben
Alokasi Waktu             : 4 x 45 menit

A. Kompetensi Inti
KI 1  : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :   Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.  Kompetensi Dasar Dan Indikator Pecapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Kompetensi Pecapaian
3.1  Memahami cara mengungkapkan persetujuan/ketidaksetujuan, harapan, dan doa serta cara meresponnya terkait topik kegiatan pada waktu senggang/hobi Freizeitbeschäftigungdengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur  teks dan unsur  budaya yang sesuai  konteks penggunaannya.

3.2.1.1  Mengetahui penggunaan modalverben (drfen dan mchten) untuk mengungkapkan persetujuan/ketidaksetujuan.
3.2.1.2  Mengetahui bentuk kalimat tanya drfen dan mchten.
3.2.1.3  Mengetahui bentuk kalimat drfen dan mchten dalam menjawab pertanyaan.
4.1  Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan persetujuan/ketidaksetujuan, harapan, dan doa serta cara meresponnya terkait topik kegiatan pada waktu senggang/hobi (Freizeitbeschäftigung/Hobby) dan wisata (Reisen) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur  teks dan unsur  budaya secara benar dan sesuai konteks.

4.2.1.1  Menuliskan kalimat sederhana meggunakan drfen dan mchten.
4.2.1.2  Menuliskan pertanyaan dan jawaban dengan drfen dan mchten.
4.2.1.3  Menyusun kalimat sederhana menggunakan drfen dan mchten.

C.   Tujuan Pembelajaran
Melalui Pedekatan: saintifik, discovery learning, problem based learning,  teams-games-tournamet, pengamatan, bertanya, menjawab, mengasosiasi,  dan mengomunikasika peserta didik dapat Mengetahui ungkapan persetujuan/ketidaksetujuan dalam suatu kata. Menyusun kata mejadi kalimat. Menyusun kalimat menjadi paragraph, Melakukan dialog sesuai dengan cara menanya dan memberitahu  tahu sesuai menanyakan fakta. Bersemangat dalam belajar bahasa Jerman dan Mengerjakan tugas sesuai  dengan instruksi yang diberikan.

D.   Materi Pembelajaran
-    Fakta :  Feizeitbeschäfigung (Kegiatan di waktu luang)
-    Konsep: unsur, dan prinsip tindak tutur untuk  mengungkapkan usulan, persetujuan, ketidaksetujuan, mengajak, meminta ijin, melarang pendapat dalam bentuk teks interaksi interpersonal lisan dan tulis pendek dan sederhana,  serta responnya
-    Prosedural: Unsur kebahasaan meliputi kosa kata/ungkapan terkait dengan kegiatan waktu senggang, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tanda baca, tulisan tangan  tepat dan benar

E.    Metode Pembelajaran
a)     Pendekatan: saintifik, learning together, problem based learning,  teams-games-tournament.
b)    Metode Pembelajaran:
·   Diskusi kelompok
·   Tanya Jawab
·   Penugasan
·   Presentasi

F.    Media/Alat/Sumber Belajar
a)     Media:
·   Gambar
·   Kertas berwarna
·   Lembar tugas
b)    Alat:
·   Laptop
·   LCD
c)     Sumber Belajar:
·   Ich liebe Deutsch
·   Freizeitaktivitäten
·   Internet

G.   Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 6
Tahapan
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·   Mengucapkan salam dalam bahasa Jerman dan mengondisikan peserta didik untuk bisa mengikuti pembelajaran melalui berdoa sebelum belajar.
·   Menanyakan dalam bahasa Jerman sederhana, dan mengecek kehadiran peserta didik.
·   Mengajukan beberapa pertanyaan dalam bahasa Jerman terkait materi  sebelumnya tentang.
·   Menyampaikan tujuan pembelajaran, KD yang akan dibahas, dan cakupan materi  secara  singkat  serta  bertanya  jawab terkait pentingnya tema tersebut.
10 menit


Inti
Mengamati 
·      Peserta didik mendengar, melihat dan memperhatikan pelafalan dari vidio yang diputar oleh pendidik.
Menanya
·   Peserta didik menanyakan  kata yang belum dipahami
·   Peserta  didik menanyakan  struktur kalimat.
Mengumpulkan Informasi
·   Peserta  didik belajar membuat kalimat sederhana menggunakan drfen dan mchten.
·   Peserta  didik membuat kalimat tanya.
·   Peserta didik menjawab pertanyaan.
Mengasosiasi
·      Peserta didik menyusun kalimat acak bersama teman dalam kelompoknya.
Mengkomunikasikan
·   Beberapa kelompok menyampaikan hasil pekerjaaannya.
·   Kelompok yang lain menanggapi.
70  menit
Penutup
·   Menunjuk beberapa peserta didik untuk mengulang ujaran-ujaran yang telah dipelajari
·   Menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya
·   Memberi salam di akhir pertemuan
10 menit

A.   Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran
a.  Teknik Penilaian:
1.     Sikap                      : Observasi dan jurnal
2.     Pengetahuan           : Tes Tertulis
3.     Keterampilan          : Unjuk Kerja
b.   Bentuk Penilaian:
1.     Sikap                      : lembar observasi sikap disiplin dan kerjasama (Lampiran 1)
2.     Pengetahuan           : soal esai (Lampiran 2)
3.     Keterampilan          : rubrik presentasi (Lampiran 3)
c.     Remedial
1.     Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
2.     Tahapan   pembelajaran   remedial   dilaksanakan   melalui   remidial   teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
d. Pengayaan
·   Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
Ø  Siwa yang mencapai nilai n(ketuntasan) < n < n(maksimum) diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Ø  Siswa yang mencapai nilai n > n(maksimum) diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.


Surabaya, __ Agustus 2017

Mengetahui


Kepala SMA Negeri 8 Surabaya,                                Guru Mata Pelajaran Bahasa Jerman,



(Dra. Hj. Ligawati, M.Pd)                                           (Saeful Bachrudin, S.Pd)
NIP/NIK : 196211221987032014                              NIP/NIK : .....................


Lampiran RPP (1) Lembar observasi sikap disiplin dan kerjasama
Lembar Observasi Sikap

No
Indikator
Kriteria
Keterangan

Bekerjasama
a.  Mendapat bagian dalam mencari informasi yang diperlukan
b.  Mendapat bagian dalam diskusi atau presentasi
c.  Mendapat bagian dalam menyusun model-model matematika
d.  Mendapat bagian dalam
e.  menyelesaikan permasalahan kontekstual menggunakan model matematika
1.   Jika 4 kriteria muncul maka diberi sebutan selalu
2.   Jika 3 kriteria muncul maka diberi sebutan sering
3.   Jika 2 kriteria muncul maka diberi sebutan kadang- kadang
4.   Jika 1 kriteria muncul maka diberi sebutan jarang

(*) informasi ini selanjutkanya disampaikan kepada guru PPKn, Agama dan walikelas untuk dipertimbangkan menjadi nilai sikap


Disiplin
Menunjukkan komitmen untuk:

a.  Mencari informasi yang diperlukan
b. Terlibat aktif dalam diskusi atau presentasi
c.  Terlibat aktif dalam menyusun model-model matematika
b. Terlibat aktif dalam menyelesaikan
c.  permasalahan kontekstual menggunakan model-model matematika

Jurnal
No
Waktu
Nama
Kejadian/Perilaku
Aspek Sikap
Tindak Lanjut
Pos/Neg
1






2






3






Dst
















Lampiran RPP (2) Soal Esai
Tes Tulis

No
IPK
Indikator Butir Soal
Butir Soal (*)
1


2
3.1.1.1  Mengetahui penggunaan modalverben (drfen dan mchten) untuk mengungkapkan persetujuan/ketidaksetujuan.
·      Disajikan video mengenai drfen dan mchten, siswa dapat membedakan kalimat yang menggunakan modalverben dan tanpa mengunakan modalverben.
(*)Menyesuaikan dengan indikator butir soal

3.1.1.2  Mengetahui bentuk kalimat tanya drfen dan mchten.
·      Disajikan kalimat tanya yang di acak, siswa mampu menyusunnya menjadi sebuah kalimat tanya yang benar.

3.1.1.3  Mengetahui bentuk kalimat drfen dan mchten dalam menjawab pertanyaan.
·      Disajikan jawaban yang di acak, siswa mampu menyusunnya menjadi kalimat yang benar.
1


4.1.1.1  Menuliskan kalimat sederhana meggunakan drfen dan mchten.
·   Disajikan kata kunci, siswa mampu menuliskan kalimat sederhana sesuai struktur kalimat.
4.1.1.2  Menuliskan pertanyaan dan jawaban dengan drfen dan mchten.
·   Disajikan gambar, siswa mampu membuat pertanyaan dan jawaban dari gambar yang diberikan dengan benr.
4.1.1.3  Menyusun kalimat sederhana menggunakan drfen dan mchten.
·   Disajikan kalimat acak, siswa mampu menysunnya menjadi kalimat yang benar sesuai strukturnya.

Tes Lisan

No
IPK
Indikator Butir Soal
Butir Soal (*)
1

·  Disajikan dialog yang sudah dibuat oleh siswa, siswa melakukan dialog dengan  intonasi yang baik.
(*)Menyesuaikan dengan indikator butir soal

Lampiran RPP (3) Rubrik Presentasi
Rubrik Unjuk Kerja Presentasi

No
Nama Siswa
Kemampuan Bertanya (*)
Kemampuan Menjawab/
Argumentasi (*)
Memberi Masukan Saran (*)
Nilai Keterampilan (**)

1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1

















2



















No
Aspek
Pedoman Penskoran
1
Kemampuan bertanya
Skor 4, apabila selalu bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadang bertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya.
2
Kemampuan menjawab/
Argumentasi
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas

Kemampuan Memberi Masukan
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran nmemberi             
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
masukan                
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan/saran

(*) diisi sesuai dengan perolehan skor sesuai dengan pedoman penskoran
(**) nilai keterampilan diperoleh dari penghitungan:

Jumlah skor yang diperoleh  x 100
Skor maksimal/12










Lampiran RPP (4) Soal Assesmen
Indikator : 3.1.1.1


Indikator : 3.1.1.2 dan 3.1.1.3
Ordnen  Sie die folgenden Fragewrte und Anworten in ganze Sätze an!

a) Die Fragestze
1.     was – du – essen - mchtest?
2.     Fu knnnen – wo - spielen – wir?
3.     Sie – Malang – wann – fahren – nach – sollen?
4.     ihr – singen – wolt – was?
5.     gehen – sie – will – wohin?
b) Die Anworten
1.     essen - mchte – ein Brot – ich.
2.     knnnen – spielen – Fu – wir – Fu – im .
3.     nach – heute – Malang – Sie – sollen – fehren, aber – das Auto - spt – zu.
4.     wollen – wir – singen – Nationalhymne.
5.     Bandung – sie – nach – will.

Indikator : 4.1.1.1

Machen Sie die Stze von Stichwörtern unten!

Mchten  Drfen

Schule gehen  Mineralwasser trinkren  Medikamente nehmen  Huasafgabe machen 

Giterre spielen

Indikator : 4.2.1.2

Machen Sie Fragezats und anworten Sie!

1.              angeln Untitled:Users:macbook:Documents:PPL SMANDELA:MEDIA:angeln.jpg

2.              Fuball spielen

Untitled:Users:macbook:Documents:PPL SMANDELA:MEDIA:fussbalspielen.jpg

Indikator : 4.2.1.3

Ordne  Sie die folgenden Worte in ganze Sätze an!

1.     ein Glas – trinken – ich - mchte.
2.     schwimmen - mchte – im Schwimmbad – er.
3.     wir – fahren – nach - mchten – Malang.
4.     Apfelsaft – ich – trinken - mchte.
5.     darft – Buch – in der – lessen – Bibliotehk – du.
6.     im Musik studio – drft – Musik – ihr – spielen.
7.     nicht – sie – rauchen – im Krankenhaus - drfen.
8.     darfst – Wein – nicht – du – trinken.
Kunci jawaban :
1.     Ich mchte ein Glas trinken.
2.     Er mchte im Schwimmbad schwimmen.
3.     Wir  mchten nach Malang fahren.
4.     Ich mchte Apfelsaft trinken.
5.     Du darft Buch in der Bibliotehk lesen.
6.     Ihr drft Musik im Musik studio spielen.
7.     Sie drfen nicht im Krankenhaus rauchen.
8.     Du darfst nicht Wein trinken.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

RPP kelas x semester ganjil

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan     : SMA Mata Pelajaran           : Bahasa Jerman Kelas/Semester           : ...