Kamis, 18 Oktober 2018

RRP K 13 REVISI KELAS XI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             : SMA Negeri 12 Surabaya
Mata Pelajaran : Bahasa Jerman
Kelas/Semester            : XI/I
Materi Pokok              : Familie (Keluarga)
Sub Tema                    : Kleinefamilie
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit

A.    Kompetenti Inti
KI 1    : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2    : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3    : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4    : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian
3.2  Memahami cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap, serta meminta dan menawarkan barang dan jasa terkait topik Keluarga (Familie) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2.1        Mengetahui nama-nama anggota keluarga dalam bahasa Jerman.
3.2.2        Mengetahui penggunaan possesivepronomen dalam mendeskripsikan gambar yang diberikan.
3.2.3        Mengetahui perbedaan antara Kleinefamilie dan Groβefamilie.
4.2  Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap, serta meminta dan menawarkan barang dan jasa terkait topik Keluarga (Famili) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks, dan budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.2.1        Menyebutkan nama-nama anggota keluarga dalam bahasa Jerman.
4.2.2        Menggunakan possesivepronomen dalam mendeskripsikan gambar yang diberikan.
4.2.3        Menceritakan kehidupan keluarga berdasarkan gambar yang diberikan.

C.    Tujuan Pembelajaran
Melalui Pedekatan: exampple non-example, saintifik, learning together, pengamatan, bertanya, menjawab, mengasosiasi, dan mengomunikasikan peserta didik dapat mengetahui cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap, meminta dan menawarkan barang dan jasa, serta menyusun teks lisan dan tulis dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.

D.    Materi Pembelajaran
Ø  Fakta         :  Keluarga (Familie)
Ø  Konsep      : unsur, dan prinsip tindak tutur untuk mengetahui cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap, meminta dan menawarkan barang dan jasa, serta menyusun teks lisan dan tulis dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
Ø  Prosedural : Unsur kebahasaan meliputi kosa kata/ungkapan terkait denga kleinefamilie, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tanda baca.

E.     Metode Pembelajaran
a.       Pendekatan:  example non-example, saintifik, learning together.
b.      Metode Pembelajaran:
·         Diskusi kelompok
·         Presentasi

F.     Media/Alat/Sumber Belajar
a.       Media:
·         Gambar
·         Kertas
b.      Alat:
·         Papan Tulis
·         Snowman
c.       Sumber Belajar:
·         Ich liebe Deutsch
·         Familie
·         Internet

G.    Langkah-Langkah Pembelajaran

Tahapan

Kegiatan Pembelajaran
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·         Mengucapkan salam dalam bahasa Jerman dan mengondisikan peserta didik untuk bisa mengikuti pembelajaran melalui berdoa sebelum belajar.
·         Menanyakan dalam bahasa Jerman sederhana, dan mengecek kehadiran peserta didik.
·         Mengajukan beberapa pertanyaan dalam bahasa Jerman terkait materi sebelumnya.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran, KD yang akan dibahas,dan cakupan materi secara singkat serta bertanya jawab terkait pentingnya tema tersebut.
·         Membagi peserta didik dalam beberapa kelompok sesuai jumlahnya.
·         Pendidik membagikan gambar yang akan digunakan sebagai bahan analisis oleh peserta didik dalam kelompok.




10 menit
Inti
Mengamati
·         Peserta didik memperhatikan dan mendengarkan penjelasan dari pendidik  mengenai petunjuk untuk menganalisis gambar.
·         Peserta didik memperhatikan gambar sebelum melakukan analisis.
Menanya
·         Peserta didik menanyakan kosa kata yang belum dipahami.
·         Peserta didik menanyakan struktur kalimat.
Mengumpulkan Informasi
·         peserta didik menganalisis gambar sesuai tema dan materi yang akan dipelajari.
·         Peserta didik  saling memberikan pendapat mereka mengenai gambar yang diberikan oleh pendidik di dalam kelompoknya.
Mengasosiasi
·         Peserta didik menggabungkan pendapat yang disampaikan oleh teman kelompoknya untuk dijadikan sebuah cerita mengenai gambar yang telah dianalisis sebelumnya.
·         Peserta didik menuliskan sebuah cerita mengenai gambar yang telah  dianalisis tersebut.
Mengomunikasikan
·         Setiap anggota kelompok menyampaikan hasil analisis yang telah dilakukan dan kelompok lain sebagai penyangga.








70 menit
Penutup
·         Pendidik menjelaskan secara singkat materi yang dipelajari.
·         Menunjuk beberapa peserta didik untuk mengulangi materi yang telah dipelajari.
·         Pendidik memberikan penguatan mengenai hasil analisis dari peserta didik mengenai materi yang dipelajari.
·         Menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya.
·         Memberi salam di akhir pertemuan.



10 menit


Lampiran RPP
A.    Tes Tulis
No
IPK
Indikator Butir Soal
Butir Soal (*)
1



Mengetahui nama-nama anggota keluarga dalam bahasa Jerman.
Menuliskan nama-nama anggota keluarga dengan benar ketika melakukan analisis terhadap gambar yang diberikan.
(*)
Menyesuaian dengan indikator butir soal
2
Mengetahui penggunaan possesivepronomen dalam mendeskripsikan gambar yang diberikan.
Menuliskan possesivepronomen dengan benar sesuai subjeknya.
3
Mengetahui perbedaan antara Kleinefamilie dan Groβefamilie.
Menuliskan nama-nama anggota keluarga (Kleinefamilie dan Groβefamilie)

B.     Tes Lisan
No
IPK
Indikator Butir Soal
Butir Soal (*)
1
Menceritakan kehidupan keluarga berdasarkan gambar yang diberikan.
Peserta didik menyampaikan hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan.
(*)Menyesuaikan dengan indikator butir soal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

RPP kelas x semester ganjil

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan     : SMA Mata Pelajaran           : Bahasa Jerman Kelas/Semester           : ...