RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMA Negeri 12
Surabaya
Mata
Pelajaran : Bahasa Jerman
Kelas/Semester : XI/I
Materi
Pokok : Familie (Keluarga)
Sub
Tema : Kleinefamilie
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
A.
Kompetenti
Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural,
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
|
3.2
Memahami cara memberitahu dan menanyakan fakta,
perasaan dan sikap, serta meminta dan menawarkan barang dan jasa terkait
topik Keluarga (Familie) dengan
memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai
dengan konteks penggunaannya.
|
3.2.1
Mengetahui nama-nama anggota keluarga dalam bahasa
Jerman.
3.2.2
Mengetahui penggunaan possesivepronomen dalam
mendeskripsikan gambar yang diberikan.
3.2.3
Mengetahui perbedaan antara Kleinefamilie dan Groβefamilie.
|
4.2
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk
mengungkapkan cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap,
serta meminta dan menawarkan barang dan jasa terkait topik Keluarga (Famili) dengan memperhatikan
unsur kebahasaan, struktur teks, dan budaya secara benar dan sesuai konteks.
|
4.2.1
Menyebutkan nama-nama anggota keluarga dalam
bahasa Jerman.
4.2.2
Menggunakan possesivepronomen dalam
mendeskripsikan gambar yang diberikan.
4.2.3
Menceritakan kehidupan keluarga berdasarkan gambar
yang diberikan.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui Pedekatan: exampple non-example, saintifik, learning together, pengamatan, bertanya,
menjawab, mengasosiasi, dan mengomunikasikan peserta didik dapat mengetahui
cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap, meminta dan
menawarkan barang dan jasa, serta menyusun teks lisan dan tulis dengan
memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai
dengan konteks penggunaannya.
D.
Materi
Pembelajaran
Ø Fakta : Keluarga (Familie)
Ø Konsep : unsur, dan prinsip tindak
tutur untuk mengetahui cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan
sikap, meminta dan menawarkan barang dan jasa, serta menyusun teks lisan dan
tulis dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya
yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
Ø Prosedural : Unsur kebahasaan meliputi kosa
kata/ungkapan terkait denga kleinefamilie, ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, dan tanda baca.
E.
Metode
Pembelajaran
a. Pendekatan: example non-example, saintifik, learning
together.
b. Metode
Pembelajaran:
·
Diskusi kelompok
·
Presentasi
F.
Media/Alat/Sumber
Belajar
a.
Media:
·
Gambar
·
Kertas
b.
Alat:
·
Papan Tulis
·
Snowman
c.
Sumber Belajar:
·
Ich liebe Deutsch
·
Familie
·
Internet
G.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Tahapan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Mengucapkan salam dalam bahasa Jerman dan
mengondisikan peserta didik untuk bisa mengikuti pembelajaran melalui berdoa
sebelum belajar.
·
Menanyakan dalam bahasa Jerman sederhana, dan mengecek
kehadiran peserta didik.
·
Mengajukan beberapa pertanyaan dalam bahasa
Jerman terkait materi sebelumnya.
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran, KD yang akan
dibahas,dan cakupan materi secara singkat serta bertanya jawab terkait
pentingnya tema tersebut.
·
Membagi peserta didik dalam beberapa kelompok
sesuai jumlahnya.
·
Pendidik membagikan gambar yang akan digunakan
sebagai bahan analisis oleh peserta didik dalam kelompok.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Peserta didik memperhatikan dan
mendengarkan penjelasan dari pendidik
mengenai petunjuk untuk menganalisis gambar.
·
Peserta didik memperhatikan gambar
sebelum melakukan analisis.
Menanya
·
Peserta didik menanyakan kosa kata yang belum dipahami.
·
Peserta
didik menanyakan struktur kalimat.
Mengumpulkan Informasi
·
peserta didik menganalisis gambar
sesuai tema dan materi yang akan dipelajari.
·
Peserta didik saling memberikan pendapat mereka mengenai
gambar yang diberikan oleh pendidik di dalam kelompoknya.
Mengasosiasi
·
Peserta didik menggabungkan pendapat
yang disampaikan oleh teman kelompoknya untuk dijadikan sebuah cerita
mengenai gambar yang telah dianalisis sebelumnya.
·
Peserta didik menuliskan sebuah cerita
mengenai gambar yang telah dianalisis
tersebut.
Mengomunikasikan
·
Setiap anggota kelompok menyampaikan
hasil analisis yang telah dilakukan dan kelompok lain sebagai penyangga.
|
70 menit
|
Penutup
|
·
Pendidik menjelaskan secara singkat materi yang
dipelajari.
·
Menunjuk beberapa peserta didik untuk mengulangi
materi yang telah dipelajari.
·
Pendidik memberikan penguatan mengenai hasil
analisis dari peserta didik mengenai materi yang dipelajari.
·
Menginformasikan materi pada pertemuan
berikutnya.
·
Memberi salam di akhir pertemuan.
|
10 menit
|
Lampiran RPP
A.
Tes Tulis
No
|
IPK
|
Indikator Butir Soal
|
Butir Soal (*)
|
1
|
Mengetahui nama-nama
anggota keluarga dalam bahasa Jerman.
|
Menuliskan nama-nama anggota keluarga
dengan benar ketika melakukan analisis terhadap gambar yang diberikan.
|
(*)
Menyesuaian dengan indikator butir soal
|
2
|
Mengetahui penggunaan
possesivepronomen dalam mendeskripsikan gambar yang diberikan.
|
Menuliskan
possesivepronomen dengan benar sesuai subjeknya.
|
|
3
|
Mengetahui perbedaan
antara Kleinefamilie dan Groβefamilie.
|
Menuliskan nama-nama anggota keluarga (Kleinefamilie dan Groβefamilie)
|
B.
Tes Lisan
No
|
IPK
|
Indikator Butir Soal
|
Butir Soal (*)
|
1
|
Menceritakan kehidupan keluarga berdasarkan gambar yang
diberikan.
|
Peserta didik
menyampaikan hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan.
|
(*)Menyesuaikan dengan indikator butir
soal
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar